Fakta! Alumni SMK yang Kerja Sambil Kuliah lebih Keren

Memasuki kelulusan sekolah SMK merupakan salah satu fase dalam kehidupan yang boleh dikatakan sangat menentukan masa depanmu. Ibarat kata orang, mau jadi apa kamu besok tergantung bagaimana kamu berusaha. Statement demikian memang logis kita terima, sebab masa terdekat dari sebuah kehidupan nyata ialah saat masa kerja dan perkuliahan. Masa kerja dan perkuliahan juga bisa dikatakan jika kamu sudah bukan lagi menjadi anak-anak, melainkan fase peralihan menuju dewasa, yang penuh tantangan dan tanggung jawab.

Ada jenis Alumni SMK yang unik, yaitu kuda-kuda (kuliah dagang-kuliah dagang) ini buat mereka mahasiswa enterpreuner. Namun sebenarnya masih ada lagi jenis spesies Alumni SMK yang keren, bahkan bisa dikatakan paling keren dibandingkan jenis Alumni SMK yang lain. Yaitu Alumni SMK yang kerja sambil kuliah. Yah mereka dikatakan keren karena berada di dua dunia yang berbeda dan dituntut bisa beradaptasi dan hidup di dua dunia tersebut secara bersamaan, ya semacam amfibi gitu kali yah….

Fahmilia Aisah Septianas,
Jurusan Perbankan Syariah
Alumni SMKN 3 Jepara Tahun 2018

Fahmilia Aisah Septianas yang akrab dipanggil Lia ini merupakan sosok wanita berparas cantik dan imut alumni SMK Negeri 3 Jepara tahun 2018 jurusan Perbankan Syariah termasuk jenis spesies Alumni SMK yang keren semacam amfibi karena berada di dua dunia yang berbeda dan dituntut bisa beradaptasi dan hidup di dua dunia tersebut secara bersamaan.

Wanita berparas cantik tersebut kini bekerja di KSPPS Berkah Abadi Gemilang Kantor Cabang Suwawal linier dengan jurusannya sewaktu masih di SMK. Aktivitas setiap hari yang dilakukannya adalah memberikan pelayakan menabung untuk para nasabah di KSPPS tersebut serta membantu dan menarik para calon nasabah untuk bergabung menjadi nasabah dimana dia bekerja. Wanita amfibi ini sangat mencintai dan menikmati pekerjaan yang sedang ia jalani saat ini. sehingga ia selalu melaksanakan semua tugas-tugas dengan penuh semangat dan tanggungjawab. Walaupun sudah bekerja, namun ia tidak pernah berhenti untuk menuntut ilmu.

Lia kini melanjutkan studinya di salah satu Universitas ternama di Kota Jepara yaitu Universitas Nahdatul Ulama (Unisnu) mengambil program jurusan Pendidikan Guru SD. Program jurusan yang diambil sangat bagus yaitu keguruan yang tentunya sangat cocok untuk peran seorang wanita apalagi guru SD. Pendidikan tinggi ini nantinya juga akan dapat membawa implikasi yang sangat besar sekali terhadap jenjang karirnya.

Menjadi Alumni SMK yang kerja sambil kuliah merupakan tugas yang tidak mudah, sebab mereka harus membagi pikiran dan waktunya. Sebagaimana kita singgung diatas, Alumni SMK yang kuliah sambil kerja harus hidup di dua dunia yang sangat kontras dan berbeda. Di kampus kalian boleh masuk atau tidak, yang penting ada absennya, hehe.. Sedangkan di dunia kerja, mau tidak mau, suka tidak suka, kalian harus masuk dan hadir saat jam kerja.

Terlebih jika kerjaan di kantor sedang numpuk, lalu tugas kampus teriak-teriak minta segera diselesaikan, tentu hal ini tidak mudah untuk kita hadapi. Inilah yang menjadikan Alumni SMK yang kerja sambil kuliah merupakan seseorang yang tangguh dan mereka memiliki mental baja. Harus hidup di dua tempat yang berbeda dengan peraturan yang sama-sama menuntut.

Satu lagi yang keren dari Alumni SMK yang kerja sambil kuliah, mereka seorang yang paling pandai dalam hal membagi waktu. Bayangin saja, 24 jam mereka harus dipenuhi dengan tugas pekerjaan dan tugas kuliah. Satu menit saja waktu mereka terbuang sia-sia, merupakan kerugian tersendiri. Management waktu mereka biasanya jauh lebih baik daripada mahasiswa jenis lainnya. Dari bangun tidur sampai mau tidur lagi waktu mereka sudah terjadwal rapi.

Alumni SMK jenis ini menempati urutan pertama dibandingkan jenis Alumni SMK lainnya. kerja sambil kuliah merupakan hal yang berat. Tidak semua Alumni SMK bisa melakukannya, kalo pun ada yang bisa bertahan, palingan kuliahnya berantakan atau kurang maksimal karena sibuk dengan dunia kerja. Hanya Alumni SMK pilihan yang mampu menjalankan kedua peran ini dengan baik.

Sistem pendidikan kita sudah menggiring kita untuk menuju masyarakat industrialis. Maka tidak heran jika hampir 99% Alumni SMK jika ditanya tujuan kuliah ialah mendapatkan pekerjaan yang baik. Sangat jarang tujuan mereka kuliah untuk mengabdi terhadap masyarakat dan negara. Nah karena tujuan kuliah ialah kerja, maka Alumni SMK yang saat kerja sambil kuliah memiliki nilai lebih dibandingkan Alumni SMK lainnya. Pengalaman di dunia kerja tentu sudah mereka miliki, ingat di dunia kerja bukan saja ilmu dan pengetahuan yang dibutuhkan, tetapi juga pengalaman. Hal ini bisa kalian cek di lowongan pekerjaan, hampir semua perusahaan mencari karyawan yang sudah berpengalaman.

Spread the word. Share this post!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *